6 Peluang Usaha kuliner Paling Menjanjikan Di Tahun 2017

Posted on

Usaha kuliner – Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai contoh jenis jenis Usaha kuliner yang menguntungkan? berikut ini akan kami sajikan sebuah artikel mengenai contoh jenis-jenis usaha kuliner dengan modal kecil dan untung yang menjanjikan untuk anda. Silakan anda simak dengan teliti, supaya anda bisa cepat langsung menerapkan apa yang sedang saya tuliskan pada artikel ini.

Usaha Kuliner

Bisnis atau usaha kuliner merupakan bisnis yang berskala rumahan yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun pada masa yang akan datang. Dan jenis usaha ini merupakan salah satu usaha yang terus berkembang dan semakin banyak orang yang meliriknya. Sebab usaha kuliner atau makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap perseorangan yang akan dibutuhkan untuk setiap harinya. Jadi tak heran jika dikota-kota wisata terdapat banyak sekali rumah makan, warung tenda, cafe atau sejenis lainya. seperti di daerah asalku yaitu Lamongan.

Target pasar yang begitu mengiurkan dari bisnis jenis ini adalah para wisatawan yang sedang berwisata ditempat kita membuka jenis usaha kuliner ini. Maka dari itu salah satu potensi yang paling besar untuk membuka jenis usaha kuliner ini adalah jika usaha tersebut dibuka ditempat wisata. Untuk modal awal dari membuka usaha kuliner ini relatit kecil, semua itu tergantung konsep usaha yang akan dijalankan. Jika anda yang masih pemula dalam usaha jenis ini, maka sebaiknya memulai dengan usaha kuliner modal kecil terlebih dahulu. Karena jika terjun langsung dalam dunia usaha yang membutuhkan modal sangat besar justru bisa membuat anda cepat mudah putus asa jika anda menemui kegagalan.

Mengapa kebanyakan orang sangat melirik bisnis kuliner sebagai salah satu pilihanya?

Salah satu alasanya adalah karena untuk menjalankan usaha di bidang kuliner ini tidak begitu terlalu sulit dan keuntungan yang didapatkan cukup besar. Yang dibutuhkan hanyalah kerja keras dan tak pernah kenal lelah, optimis, harus mempunyai keterampilan dalam mengelolah makanan atau minuman yang enak.

Dan berikut ini adalah contoh bisnis usaha kuliner dengan modal kecil yang menguntungkan dan sangat menjanjikan.

6 Peluang Usaha Kuliner

  1. Membuat Makanan Cemilan atau Snack.

Cemilan Snack
Cemilan Snack

Snack adalah makanan ringan yang paling banyak diminati oleh berbagai jenis usia dan kalangan. Snack merupakan pilihan yang tepat bagi semua orang disaat nyantai, piknik, nonton bola dan sebagaiinya. Nah, bagi Anda yang baru pemula (newbie) dalam dunia enterpreneur maka tidak ada salahnya untuk mencoba jenis usaha kuliner makanan ringan ini. Sebagai bentuk langkah awal Anda bisa mencoba dengan makanan kecil terlebih dahulu seperti snack, kue kering, atau keripik, dan lainnya. Akan lebih baik jika Anda sendiri juga mempunyai keterampilan untuk membuat produk tersebut sehingga profit atau keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Manfaatkan momen hari-hari besar seperti lebaran, tahun baru imlek atau natal untuk meningkatkan omset Anda dengan mempromosikan makanan cemilan khas hari raya buatan Anda sendiri. Jika Anda mempunyai kemampuan dibidang ini maka jangan pernah disia-siakan.

  1. Membuka Warung Kopi.

Warung Kopi
Warung Kopi

Di zaman yang sekarang ini kopi merupakan minuman yang paling favorit sebagian besar masyarakat Indonesia baik yang mengonsumsi itu laki-laki maupun perempuan, baik itu yang usianya sudah tua maupun yang muda. Kopi pada saat ini telah berkembang sangat pesat, sehingga terdapat banyak jenis minuman kopi di indonesia ini, misalnya saja kopi luwak yang sangat begitu terkenal enak, sedap dan yang pasti memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dibandingkan dengan jenis kopi yang lainya. untuk membuka usaha ini dibutuhkan modal yang tidak begitu besar, semuanya itu tergantung dari besar kecilnya usaha, seperti: warung kopi wifi, angkringan, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal begitu besar, namun memiliki prospek yang sangat bagus, sehingga tidak mengherankan pada saat ini banyak sekali tumbuh angkringan baru.

  1. Membuka Usaha Catering Rumahan.

Catering Rumah
Catering Rumah

Jenis usaha ini kebanyakan yang menjalankan adalah para ibu-ibu rumah tangga. Usaha ketering ini memang takan pernah bisa mati, seiring dengan pertumbuhan teknologi dan ekonomi yang semakin begitu meningkat. Tingkat kebutuhan ekonomi masyarakat Indonesia kini juga mulai semakin membaik serta budaya serba instan atau langsung yang kini sudah menjalar di berbagai masyarakat, terutama mahasiswa, pekerja kantoran maupun ibu-ibu rumah tangga. Sehingga membuat jenis Usaha kuliner katering ini semakin berkembang begitu pesat. Zaman dahulu masyarakat kita jarang ada menggunakan jasa katering ketika mengadakan acara keluarga, seperti perkawinan, sunatan, maupun aqiqah mereka lebih suka membuat sendiri.

Tetapi berbeda dengan zaman sekarang dimana masyarakat kebanyakan lebih memilih jasa ketering. Usaha ketering ini mempunyai prospek yang begitu bagus tentunya, mengingat hampir semua masyarakat membutuhkan jasa ketering dengan alasan untuk mencari kemudahan, siap saji dan instan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai membuka usaha ini tidak begitu besar, jadi anda jangan takut untuk memulainya. Anda bisa memulai dengan modal kecil terlebih dahulu dan dengan alat – alat yang seadanya. Untuk mencari biaya bahan baku jangan khawatir, Anda bisa meminta DP atau uang tanda jadi atas pesanan makanan yang akan Anda buat, sehinga Anda mendapat kemudahan biaya modal pembuatann makanan tersebut. Jika Jenis usaha katering Anda semakin berkembang pesat, tentu tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha dengan skala yang lebih besar serta merekrut karyawan dan  menyediakan juga alat -alat prasmanan, tarub dan lain lain.

  1. Menjual Gorengan.

Jual Gorengan
Jual Gorengan

Gorengan merupakan jenis makanan ringan yang tidak ada matinya dan yang selalu diminati oleh semua orang. Kuliner yang satu ini bisa dikatakan kuliner yang sangat digemari dari berbagai semua kalangan masyarakat di berbagai usia. Apalagi gorengan ini dikenal dengan harga yang sangat murah dan sangat cocok dinikmati dengan minuman yang dingin atau hangat di sore hari. Adapun untuk jenis atau macam-macam gorengan apa yang biasanya dijual, antara lain: tahu, tempe goreng, pisang goreng, cireng, resoles, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh jenis gorengan yang lain.

  1. Membuka Usaha Jus atau Minuman Segar.

Jus Minuman Segar
jus Minuman Segar

Jenis usaha yang satu ini tidak harus dituntut untuk memiliki keterampilan yang khusus. Untuk membuat aneka jus sangatlah mudah, bahkan untuk jenis variasinya banyak terdapat di internet. Minuman segar atau jus pun bisa menjadi sebuah peluang usaha kuliner untuk anda, dan usaha kuliner ini sangat mudah untuk dijalankan. Anda bisa membidik pasar di kalangan anak-anak sekolah maupun mahasiswa dengan membuat berbagai inovasi minuman yang beraneka ragam dengan berbagai wadah yang lucu dan unik. Selain itu Anda juga bisa mempopulerkan minuman tradisional seperti bajigur, bandrek atau sari jahe dengan tampilan yang lebih unik dan modern. Dalam membuka usaha ini Anda harus pintar-pintar memilih tempat yang bagus dan tempat yang mudah untuk dijangkau orang banyak, terutama para pelajar dan mahasiswa. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha kuliner ini, waktu yang sangat efektif untuk menjual jus adalah antara siang hari hingga sore hari, karena pada waktu malam hari para konsumen jus akan berkurang.

  1. Membuka Usaha Roti Bakar.

Roti Bakar
Roti Bakar

Pada saat ini sudah banyak orang yang menjalankan Bisnis roti bakar. Bisnis kuliner yang satu ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan untuk mencari lokasi yang tepat untuk berjualan adalah di pinggir jalan, alun-alun, sekolahan, kedai, taman, dan tempat keramaian yang lainya. untuk jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi dengan keju, kemudian dibakar lagi, dan yang terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat untuk bagian tengahnya atau susu dan ceress, serta selai dari berbagai jenis rasa lainnya sesuai dengan selera para konsumen.

Baca Juga :

Satu pesan dari saya, jangan takut untuk mencoba. Apapun jenis bisnis yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat ingin  memulainya, jadi jangan pernah takut gagal karena kegagalan merupakan kunci dari kesuksesan. Karena tidak sedikit pelaku jenis usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun kebanykanan para pengusaha bidang kuliner ini awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner ini. Namun mereka tetap maju dan nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup begitu menggiurkan.

Demikianlah yang dapat saya jelaskan mengenai Usaha kuliner beserta contoh peluangnya. Sebenarnya masih ada banyak peluang usaha kuliner yang dapat saya jelaskan untuk anda, mungkin dari ke 6 contoh tadi bisa mewakili dari yang tidak bisa saya tuliskan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

Created by peluangusahakreatif.com

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *