7 Peluang Usaha Ternak Menjanjikan Di Tahun 2017

Posted on

Peluang usaha ternak – Peluang dapat diartikan sebagai kesempatan yang muncul dari suatu kejadian atau dari suatu momen. Untuk istilah peluang usaha sendiri terbagi dari 2 kata, yaitu dari kata peluang dan kata usaha. Kata peluang pada umunya dapat diartikan sebagai kesempatan yang datang atau sesuatu yang terjadi yang dapat menghasilkan keuntungan. Sendangkan untuk kata usaha dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan pikiran dan tenaga dalam mencapai suatu target atau tujuan. Jadi dapat disimpulkan yang dimaksud dengan peluang usaha adalah suatu kesempatan yang datang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan suatu keuntungan. Atau dapat didefinisikan, sebagai kesempatan yang muncul pada waktu yang tertentu yang bisa memberikan kesempatan yang begitu besar untuk memperoleh suatu keuntungan, jika dalam kesempatan itu dilakukan tindakan dengan mengarahkan pikiran dan tenaga.

Budidaya Ternak
Budidaya Ternak

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi dan contoh salah satu ide peluang usaha, yaitu peluang usaha ternak yang menjanjikan di tahun ini. Untuk Anda yang saat ini sedang binggung dan tengah mencari atau memikirkan jenis usaha budidaya ternak hewan apa yang cocok untuk Anda. Maka inilah beberapa contoh ide peluang usaha ternak hewan yang menjanjikan yang mungkin dapat membantu Anda dan menjadi refrensi bagi Anda. Setiap usaha atau bisnis yang dimiliki sendiri tentunya akan selalu menghasilkan keuntungan yang banyak bagi pelakunya, hanya saja memang besar kecilnya dari keuntungan yang di dapatkan dari usaha tersebut akan bergantung dari  pelaku itu sendiri apakah jika memang dia giat, serta tepatnya jenis usaha atau bisnis yang diilih, karena memang zaman sekarang ini sudah terdapat banyak jenis usaha atau bisnis yang dijalankan oleh siapa saja tanpa seorang terkecuali.

Seperti salah satu contohnya adalah jenis usaha yang bergerak pada bidang budidaya hewan ternak, dan juga pada saat ini perlu anda ketahui bahwa sudah terdapat hingga beberapa jenis usaha ternak yang sudah dijalankan dengan menggunakan banyak metode atau ilmu yang berbeda pastinya. Dan perlu anda ketahui sekali lagi bahwa jenis usaha atau bisnis yang bergerak pada bidang ternak hewan dapat dikatakan sebagai satu bentuk segmen usaha atau bisnis yang sangat prospektif dan sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, pasalnya pada saat hasil panen yang dapat dihasilkan dari jenis usaha ini sebagian besarnya cenderung merupakan kebutuhan pangan bagi setiap individual atau bagi hewan peliharaan.

Usaha ternak hewan pada saat ini banyak dijalankan oleh para pelaku wirausaha baik sebagai pekerjaan utama maupun hanya sebagai usaha sampingan. Bagi Anda yang sudah bekerja, sebaiknya Anda memulai jenis usaha budidaya atau peternakan yang tidak terlalu begitu menghabiskan banyak waktu. Lalu apa saja contoh ide usaha ternak yang bisa Anda coba, berikut ini kami akan memberikan atau membagikan jenis usaha ternak yang menjanjikan yang mana bisa anda jadikan sebuah refrensi dan informasi sebelum memulai jenis usaha ternak tersebut. Antara lain:

7 Peluang Usaha Ternak

  1. Budidaya ayam petelur.

Budidaya Ayam Petelur
Budidaya Ayam Petelur

Sektor usaha atau bisnis jenis ini memang mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Budidaya ayam petelur merupakan jenis usaha budidaya yang dapat dikatakan sebagai salah satu bahan kebutuhan pangan bagi manusia yang dibutuhkan dalam sehari-hari. Namun jenis usaha atau bisnis Budidaya ayam petelur sendiri akan membutuhkan investasi modal awal yang terhitung lumayan besar, karena selain dari kualitas ayam petelurnya itu sendiri yang mungkin harus terhitung sangat banyak, jenis usaha tersebut juga pastinya membutuhkan kandang yang besar dan harus jauh dari pemukiman warga. Namun jika berbicara tentang hasilnya, tentu saja telur ayam sendiri hingga saat ini masih banyak orang yang membutuhkannya, terlebih akhir-akhir ini diketahui bahwa pasokan telur ayam dari negeri sendiri pada saat ini masih dirasa kurang dari memenuhi permintaan pasar yang reltif tinggi dan akan terus meningkat.

  1. Budidaya ayam potong.
Ayam Potong
Budidaya Ayam Potong

Perlu Anda ketahui bahwa daging ayam sendiri masih memiliki tingkat permintaan pasar yang terhitung sangat tinggi hingga pada saat ini. Karena selain telur ayam, daging ayam juga merupakan salah satu kebutuhan yang selalu akan dibutuhkan untuk dikonsumsi oleh sebagian besar manusia. Maka dari situlah mengapa hingga pada saat ini permintaan pasar terhadap daging ayam tersebut masih relatif tinggi yang berada di berbagai daerah, walaupun bukan suatu jenis kebutuhan pangan yang dikonsumsi dalam sehari-hari namun tetap saja tingkat permintaan dalam pasar sendiri masih terhitung tinggi hingga saat ini. Dan untuk memulai jenis Usaha budidaya ayam potong ini yang pasti tidak berbeda jauh dengan jenis usaha budidaya ayam petelur. Perbedaanya hanya terletak pada jenis kandang dan yang pastinya tidak menggunakan banyak sistem atau metode seperti Ayam petelur.

  1. Budidaya ikan lele.
Budidaya Ikan Lele
Budidaya Ikan Lele

Merupakan jenis usaha atau bisnis budidaya satu-satunya ikan yang masih akan terus meningkat dari setiap tahunya. Karena Budidaya ikan lele seperti yang kita ketahui bahwa hampir seluruh manusia dari berbagai kalangan ekonomi yang tinggi maupun ekonomi yang rendah akan mengkonsumsi jenis ikan lele tersebut karena harganya yang cenderung lebih murah. Jenis usaha atau Bisnis budidaya ikan lele tersebut, dapat dijalankan dengan menggunakan dua macam metode, yaitu menggunakan metode kolam terpal yang bisa dibuat dimana saja dan bisa dipindahkan kapan saja atau mengunakan metode kolam tetap yang biasanya terbuat dari beton. Namun tentunya tetap saja lokasi membudidayakan ikan lele tersebut harus berada jauh dari pemukiman warga atau masyarakat setempat, karena kerap menimbulkan bau yang tidak sedap tentunya. Saat ini jenis usaha budidaya ikan lele sudah memiliki banyka komunitas tersendiri yang biasanya akan tergabung dalam sebuah koperasi di berbagai daerah. Sunguh menajubkan, ternak ikan saja ada komunitasnya.

  1. Budidaya ikan patin.
Budidaya Ikan Patin
Budidaya Ikan Patin

Ikan patin masih serumpun atau hampir mirip dengan ikan lele, dengan kata jenis ikan ini memiliki daya hidup yang kuat meskipun sebenarnya masih kalah jauh dengan jenis ikan lele. Selain itu, budidaya ikan patin pada saat ini sudah banyak yang menjalankan, karena banyak yang merasakan bahwa ikan patin ini memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan ikan lele. Tetapi harga ikan patin ini lebih mahal dibandingan dengan harga ikan lele.

  1. Budidaya kroto.
Budidaya Kroto
Budidaya Kroto

Budidaya kroto ini memiliki prospek yang begitu  menjanjikan karena hewan jenis ini termasuk makanan favorit dari semua jenis burung hias terutama burung yang berkicau. Kroto adalah telur yang dihasilkan oleh semut, yakni semut rangrang. Tidak diperlukan modal banyak untuk memulai usaha jenis ini. Cukup hanya menyediakan kandang atau tempat untuk kroto tersebut.

  1. Budidaya jangkrik.
Budidaya jangkrik
Budidaya jangkrik

Sama halnya dengan kroto, budidaya jangkrik ini juga memilik prospek yang cukup menjanjikan. Sebenarnya sektor usaha budidaya jangkrik sendiri pada saat ini dikenal dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Terlebih pada saat seperti sekarang ini dimana cukup banyak orang yang memelihara burung dan yang pastinya akan membutuhkan jenis pakan seperti hewan jangkrik, maka dari itulah mengapa jangkrik sebenarnya pada saat ini memiliki permintaan pasar yang cukup begitu tinggi yang berada di berbagai daerah karena kebutuhan tersebutlah. Dan untuk memulai usaha jenis tersebut, anda tidak perlu membutuhkan lahan yang sangat besar dan jauh dari pemukiman masyarakat. Karena budidaya jenis ini hanya perlu menggunakan sebuah box atau kotak kayu yang tertutup rapat dengan ukurang yang telah Anda inginkan. Sedangkan dalam cara pemasarannya, tentu saja anda tinggal menawarkan pada sebagian besar penjual pakan hewan peliharaan seperti jenis burung yang memang membutuhkan jenis pakan tersebut, karena biasanya mereka akan membutuhkan jangkrik tersebut dalam jumlah yang sangat banyak atau besar.

  1. Budidaya domba.
Budidaya Domba
Budidaya Domba

Yang terahir adalah Budidaya domba. Domba sendiri bukanlah merupakan kebutuhan pangan pokok dalam keseharian seperti jenis daging ikan lele, ikan patin, daging ayam dan telur ayam. Namun tetap jenis usaha budidaya hewan ternak domba tersebut dikenal sangat begitu menjanjikan. Terlebih disaat momen-momen tertentu seperti ketika hari-hari besar islam yaitu menjelang hari raya Idhul Adha atau lebaran haji. Karena yang pasti pada momen tersebut memang banyak orang yang membutuhkan dan akan membeli berbagai hewan ternak seperti salah satunya adalah domba. Selain daging yang dikonsumsi, kulit dari domba juga pada saat ini banyak dibutuhkan untuk kebutuhan fashion busana, untuk membuat bedug. Dan tulang dari dombapun pada saat ini juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan tertentu dan banyak orang yang mengonsumsinya.

Demikian artikel dari kami mengenai peluang usaha ternak dan contoh ide usaha ternak yang bisa anda pilih dan anda bisa terapkan. Semoga informasi usaha budidaya ternak di atas tadi dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terimah kasih. Created by peluangusahakreatif.com

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *