“Share” Semangat Nenek Timah Jenawi – Cekal hasilkan penyapu lidi sejak 40 tahun

Posted on

MUKAH : Pemakaian penyapu lidi meskipun nyaris terkubur dikarenakan kemunculan perlengkapan moden untuk bersihkan tempat tinggal langsung tidak pernah mematahkan semangat Timah Jenawi, 72, dari Kampung Kuala Matu Hilir, disini, untuk cekal hasilkan penyapu lidi mulai sejak 40 th lalu.

Meskipun nilai jualan penyapu lidi tidak seberapa, tetapi nostalgia meraut lidi dengan rakan sekampung saat masa 60-an sampai 80-an cukup berarti kerana dikerjakan dengan berkumpulan walau gaji dari pada kerja sehubungan demikian kecil.

” Sekitaran 1960-an, pendapatan penyapu lidi di buat dengan besar-besaran serta aku dapat mempersiapkan lebih 10 ikat penyapu satu hari dengan harga RM0. 30 sampai RM0. 40 sen tiap-tiap satu.

” Pada saat spesifik, pekerjaan sehubungan dikerjakan dengan berkumpulan, sekali gus menyebabkan situasi kampung yang meriah. Dahulu, kami bikin kerja ini beramai-ramai, tetapi saat ini cuma tinggal aku serta dibantu oleh anak-anak. Kondisinya telah berbeda sekitaran 60-an sampai 80-an, ” tuturnya saat didapati BH, disini.

Tuturnya, saat ini kerja hasilkan penyapu lidi di buat seumpamanya ada keinginan.

” Perubahan tehnologi membikinkan orang-orang kita pada hari ini makin melupakan penyapu lidi… tapi masih tetap ada yang mahu memakai penyapu lidi, ” tuturnya.

Timah berkata, pekerjaan hasilkan penyapu lidi untuk sesetengah orang adalah gampang, tetapi sesungguhnya ia menuntut kesabaran tinggi.

” Meraut lidi membutuhkan masa agak lama untuk mempersiapkan seberkas penyapu. Tidak semuanya daun nipah sesuai sama jadikan penyapu kerana pokok muda memiliki lidi halus pendek, berbanding pokok berumur 20 th. ke atas yang memiliki lidi lebih kasar, panjang serta tahan lama, ” tuturnya.

Tuturnya, sistem meraut lidi dikerjakan dengan tradisionil mempersiapkan seikat penyapu rumit untuk menghindar bahagian hujung lidi saat meraut terputus serta tidak bisa dipakai. sumber – www.bharian.com.my/

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *